Mau Website seperti ini? Cek dulu yukk...

Cek Nama Domain ?

image

ID Sitekno: ST293717

Chatingan yukkk.....
Tamu

Anda Teman yang ke...

 

count web hits
Dell

 

Yang OnLine

Kunjungan Teman dari :

UPI, PT KAI, BNPTKI dan Himpaudi Jalin Kerja Sama

image

Bandung, UPI

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia  (Himpaudi) menjalin kerja sama, Kamis (21/4/2011) di Gedung Isola, Komplek UPI Jln. Setiabudhi No. 229 Bandung. Kerja sama empat lembaga tersebut ditandai dengan penandat ang anan nota kesepahaman (MoU).

Acara dibuka dengan pembacaan MoU oleh Dr. Uyu Wahyudin, Kepala Direktorat Kerja Sama Usaha. Ia memaparkan bahwa kerja sama dilakukan berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kedua Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Ketiga Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S-1) Kependidikan bagi guru dalam Jabatan.

Para pihak setuju mengikrarkan kesepakan bersama tentang kerja sama bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada mayarakat, dan jasa keprofesian pendidikan. Maksud kesepakatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dan/atau memperoleh manfaat yang saling menguntungkan dalam rangka meningkatkan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan.

“Kerja sama ini memperhatikan batas kemampuan, serta tidak mengganggu tugas pokok dan fungsi para pihak. Kemudian tujuan kesepakatan ini adalah memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki para pihak, dalam rangka meningkatkan pelayanan (dari Himpaudi, PT KAI, dan BNP2TKI),” kata Uyu Wahyudin.

Dikatakan, ruang lingkup kesepakatan ini meliputi, pertama penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan jasa keprofesian pendidikan. Kedua pengembangan program peningkatan sumber daya manusia pendidikan dan tenaga kependidikan. Ketiga pertukaran sumber daya manusia yang dimiliki oleh para pihak.

Dikatakan, semua mempunyai tugas dan tanggung jawab secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri pertama melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kesepakatan ini. Kedua menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga menyusun kegiatan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan. Keempat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kesepakatan ini.
Jangka waktu kesepakatan ini, kata Uyu Wahyudin, mulai berlaku sejak ditandatangani, untuk jangka waktu empat tahun dengan ketentuan akan dilakukan evaluasi setiap tahunnya.  Kedua jangka waktu tersebut dapat diperpanjang kembali berdasarkan kesepakatan. Kemudian unsur pembiayaan yang timbul sebagai akibat dari kesepakatan ini bersumber dari anggaran pihak pertama dan/atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat.
Kemudian ada pasal adendum mengenai hal yang belum, atau belum cukup diatur dalam kesepakatan ini akan diatur bersama. Berdasarkan kesepakatan bersama yang dituangkan dalam perjanjian tambahan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kesepakatan ini. MOU ini memiliki kekuatan hukum yang sama untuk semua pihak.
General Manajer PT KAI Syahrial memaparkan, kerja sama dengan UPI ini sesungguhnya telah dilakanakan sejak 2008. Selama ini PT KAI sudah melaksanakan pelatihan dengan lima angkatan, khususnya training of trainer ToT dan bahan ajar, terutama untuk jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan. Semoga proses pelatihan pelatihan selanjutnya bisa berjalan dengan baik.
Posan Saragih, yang mewakili Kepala Badan Negara Penemempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memaparkan, “Keberadaan lembaga ini berdasarkan UU No. 29 Tahun 2004, mengalami perubahan menjadi UU No. 81 tahun 2007. Untuk mencapai kualitas penduduk Indonesia melakukan pengetatan minimal 200 jam pelatihan. TKI secara formal dalam pelatihan bagi kandidat perawat dan rumah jompo sudah sering dilakukan bersama UPI. Sedangkan pada senin (24/4/2011) akan dilakukan pelatihan bahasa Korea. Harapannya tentu dengan kesepakatan kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas TKI di LN, agar tidak mendapat gempuran di luar negeri. Berdasarkan pengalaman, lembaga tenaga kerja ini setelah melalui proses kerja sama dengan UPI kemudian diterima dan disukai rakyat Jepang.
Ana Angraeni dari Pengurus Wilayah Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia, yang berkedudukan di Jalan Ujungberung Indah Raya No. 1 Kota Bandung  memaparkan bahwa hari penandatanganan kerja sama ini sangat istimewa. Himpaudi bergembira dapat bekerja sama dengan UPI dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidiknya.

Ia pun menginformasikan bahwa pada 25-28 April 2011 ini akan diadakan rapat koordinasi dengan Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI), Forum PAUD, Pokja PKK yang nantinya mendapat arahan dari kementrian. Realitas sekarang masih banyak anak di usaia dini belum mendapatkan pendidikan.

“Oleh karena itu, Himpaudi berterima kasih dapat bekerja sama dengan UPI. Kami berharap, di masa mendatang dapat memajukan Jawa Barat, khususnya bagi Himpaudi dalam bidang pendidikan dan tenaga pendidik. Semoga pada tahun 2045 menjelang 100 tahun Indonesia merdeka, akan dapat diwujudkan generasi yang dapat dibanggakan dengan pijakan lokal dan berwawasan global,” kata Ana Angraeni.
Prof.  Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd, Rektor UPI dalam kata sambutannya memaparkan, kesepakatan bersama PT KAI dapat meningkatkan kompetensi dalam meningkatkan pelayanan publik sebagai tenaga pendidikan atau instrukturnya. Kesempatan untuk berkiprah dalam kegiatan bermuatan nilai pendidikan perlu melibatkan komunikasi pedagogik.

Menyinggung kerja sama dengan BNP2TKI, Prof. Sunaryo mengatakan,  memang sejak dua tahun yang lalu, UPI sudah melaksanakan pelatihan bagi perawat yang berangkat ke Jepang. Panti asuhan Jepang amat puas dengan tenaga kerja Indonesia, karena TKI lebih ramah dan mampu memahami orang lain.

“Ini adalah bukti implementasi nilai pedagogik yang perlu disampaikan. Kami ucapkan terima kasih, sebab kerja sama ini  terjalin karena adanya kepercayaan Kementrian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Jepang. Terutama tentang keperawatan sudah masuk pada tahun kedua dalam melakukan pelatihan perawatan. Kensokai pada 23-25 April 2011 akan datang dengan diwakili para ketua ODA sebagai badan unit kegiatan Jepang seperti JICA merupakan kesempatan baru dalam meraih peluang meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul,” kata Rektor.

Mengenai PAUD, Prof. Sunaryo menjelaskan, keberadaan anak usia dini 0-5 tahun perlu diperhatikan dengan baik, karena pada 15 tahun yang akan datang, mereka akan menjadi sumber daya manusia yang produktif, canggih dan baik bila dibimbing dengan baik. Tugas Himpaudi adalah mendorong dan memetakan pendidikan anak usia dini. Bila tidak berimbang akan mengganggu keseimbangan suatu bangsa.

Sumber : UPI BANDUNG

Sat, 23 Apr 2011 @10:38

Kategori

 

K-Kids Kesehatan Untuk Anak
image

K-Kids merupakan nutrisi lengkap yang seimbang dengan kandungan cod liver oil, omega 3, Vitamin A dan Vitamin D di dalamnya. Diformulasikan sebagai makanan tambahan untuk menunjang tumbuh kembang anak, membantu menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pertumbuhan serta perkembangan sel otak dan syaraf pada anak.

Hubungi : 0858 6030 9951

DAFTAR SEMENTARA untuk buat Website
BELAJAR SHOLAT DHUHA
Link Teman
DOWNLOAD

Silahkan Download Presentasi & Marketing Plan berikut,

DOWNLOAD

 

E-Book mengelola Web member sitekno

DOWNLOAD

 

Slide Presentasi Sitekno

DOWNLOAD

Copyright © 2017 · All Rights Reserved