Mau Website seperti ini? Cek dulu yukk...

Cek Nama Domain ?

image

ID Sitekno: ST293717

Chatingan yukkk.....
Tamu

Anda Teman yang ke...

 

count web hits
Dell

 

Yang OnLine

Kunjungan Teman dari :

OBRALLAH PUJIAN KEPADA ANAK

Untuk menentukan seorang anak suka dipuji atau tidak, dapat dilihat dari seberapa jauh pengaruh pujian prestasinya. Namun perlu disadari, pada dasarnya setiap anak suka dipuji. Jangankan anak yang masih memiliki egosentrisme tinggi, orang dewasa saja masih tetap senang jika mendengar dirinya dipuji.

Kebutuhan anak akan pujian lebih besar disbanding orang dewasa. Sayangnya, kadangkala orang dewasa lebih suka menghukum daripada memuji anak-anak. Ketika anak melkukan kesalahan, buru-buru orang dewasa memberi mereka teguran atau hukuman. Sebaliknya, ketika anak berhasil membuat sesuatu yang positif, orang dewasa sangat pelit memberi pujian.

Demikian halnya dengan guru di sekolah. Di saat siswa berbuat salah, guru menganggap hal itu berbahaya jika dibiakan. Akan tetapi, di saat siswa berbuat baik, guru menganggap hal itu sebagai sesuati yang sewajarnya. Karena anggapan inilah guru jadi lebih rajin menghukum dan memberi teguran, dibanding memuji siswa.

Bagi anak, pujian orang dewasa akan memuaskan jiwanya. “Pujian bagi anak, adalah piala,” begitu kata Jan Dargats (1999). Maka, seharusnya guru sering- sering memberi pujian kepada anak. Pujian merupakan kebutuhan pokok bagi anak. Banyak sekali kesempatan untuk membrikan berjenis-jenis pujian kepada anak.

Sulitnya, terkadang muncul perasaan ‘tak lucu’ di dalam benak orang dewasa, setiap kali harus memberi pujian kepada anak-anak. Orang dewasa khawatir, jangan-jangan anak juga merasakan bahwa pujian untuk mereka cuma dibuat-buat saja dan tidak tulus.  Padahal, sebenarnya anak tidaklah seperti itu.

Bila guru merasakan kekhawatiran serupa, berarti ia telah memandang dunia anak denga tolak ukur orang dewasa. Orang-orang dewasa memang suka meraba-raba, menduga-duga, jika adsa orang lain memujinya. Kira-kira, ada kemauan apa di balik pujian itu? Karena itu, orang dewasa lebih suka pujian yang spntan, atau malah yang tidak terkesan sedang memuji.

Tetapi sekali lagi, anak tidaklah seperti itu. Inilah yang perlu kita pahami. Anda tidak peduli gurunya memuji mereka secara dibuat-buat atau tidak, ikhlas atau tidak, berpamrih atau tidak. Bagi mereka, pujian ya pujian, hukuman ya hukuman.

Kalau guru masih sering merasa canggung untuk memuji anak, ada dua kemungkinan yang  menjadi penyebabnya.

Pertama , guru memang belum ikhlas untuk memuji anak, sehingga terlihat sekali bahwa pujian itu dipaksakan.

Kedua , guru masih jarang melakukan sesuatu, ia pasti merasa sedikit canggung ketika melakukannya. Jadi, kunci untuk murah memberikan pujian adalah ikhlas dsan sering melakukan atau melatihnya.

Yang perlu dicatat, ada cara memuji yang salah kaprah. Yaitu bila guru mengungkapkan kemauannya terlebih dahulu, baru kemudian memuji anak. Misalnya, guru berkata, “Galih, tolong buangka sampah ini di sana!” Setelah sampah dibuang di tempatnya, guru bilang, “Aduh, Galih pinter, deh .” Dengan cara demikian, tanpa sadar guru menunjukkan bahwa ia melontarkan pujian karena ‘ada maunya’ alias tidak lulus.

Sumber : Buku “Spiritual Teaching” , Abdullah Munir

SEMOGA MENJADI INSPIRASI


 

Wed, 5 Jan 2011 @09:46


1 Komentar
image

Mon, 24 Jan 2011 @15:13

holuqlcjl

ftwL7x <a href="http://zgvmhmrpuevw.com/">zgvmhmrpuevw</a>, [url=http://rdtozxorhfeo.com/]rdtozxorhfeo[/url], [link=http://rkfvceklokup.com/]rkfvceklokup[/link], http://hzlddtnibfad.com/


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori

 

K-Kids Kesehatan Untuk Anak
image

K-Kids merupakan nutrisi lengkap yang seimbang dengan kandungan cod liver oil, omega 3, Vitamin A dan Vitamin D di dalamnya. Diformulasikan sebagai makanan tambahan untuk menunjang tumbuh kembang anak, membantu menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pertumbuhan serta perkembangan sel otak dan syaraf pada anak.

Hubungi : 0858 6030 9951

DAFTAR SEMENTARA untuk buat Website
BELAJAR SHOLAT DHUHA
Link Teman
DOWNLOAD

Silahkan Download Presentasi & Marketing Plan berikut,

DOWNLOAD

 

E-Book mengelola Web member sitekno

DOWNLOAD

 

Slide Presentasi Sitekno

DOWNLOAD

Copyright © 2018 · All Rights Reserved